Punya teman tunagrahita?

Punya teman yang menderita tunagrahita? Kenapa tidak? Kebetulan saya punya teman yang menderita tunagrahita, sebut saja dia X.
Sebagian orang mungkin berpikir, mereka yang menderita tunagrahita sangatlah aneh, menyebalkan, kasar, dan sebagainya. Tetapi, temanku yang satu ini bisa dibilang sedikit berbeda, terkadang X bisa menangis sambil berteriak, terkadang X hanya diam tanpa jawaban jika ditanya, terkadang juga X hanya menggunakan bahasa isyarat untuk berbicara.

Ya, awalnya terlihat aneh dan tentu saja saya menjaga jarak darinya, tetapi setelah sekian lama mengenalnya, teman-teman sekelas mulai mengerti dengan sifatnya, termasuk saya. Ia hanya butuh perhatian? Jika X menangis, terkadang saya menghampirinya. Responnya itu bermacam-macam, ketika ia menganggap saya yang membuatnya menangis, ia bisa saja memukul atau berteriak, tetapi jika tidak, ia hanya akan diam jika ditanya atau dijawab dengan isyarat tangan.

Sudah hampir 3 tahun saya kenal X. Ada waktu ketika saya membencinya, ada waktu ketika saya mengasihaninya karena keterbatasannya, ada pula waktu ketika saya tertawa karena dia. Saya sering berusaha mengajak X mengobrol, walaupun kadang tidak nyambung atau perkataannya kasar, tapi saya yakin itu karena pengaruh lingkungan disekitarnya.  Kini, ia sudah menjadi seseorang yang lebih baik dibandingkan saat saya baru mengenalnya.

Terdapat banyak jenis-jenis penyakit mental, sehingga saya tidak bisa menggolongkan X masuk ke dalam penyakit apa. Entah apa penyebab dan solusinya, saya hanya bisa berdoa agar dia bisa menjadi lebih baik. X adalah anak yang cukup pintar, walaupun ia menderita tunagrahita, nilainya disekolah rata-rata baik. Jujur saja, saya bangga punya teman tunagrahita seperti itu.

Dan untuk semua yang memiliki keterbatasan tertentu, sebaiknya hal itu tidak meluluhkan semangat kalian untuk berkarya. Setiap orang punya kekurangan masing-masing dan pastinya memiliki kelebihan masing-masing. Anggap saja keterbatasan itu sebuah rintangan sulit tetapi bisa dilewati. Bersyukurlah terhadap apa yang anda miliki sekarang dan teruslah berjuang untuk apa yang anda mimpikan, semangat! 🙂

Salam Hangat,

Cindy Fransisca

One thought on “Punya teman tunagrahita?

Leave a Reply

